Iklan Google
Home » » Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100

Written By Kabar Riau on Sunday, April 7, 2013 | 2:25 AM


 

Setelah sekian lama berkutat di tablet 10 inci, Apple akhirnya ikut-ikutan vendor Android dengan membuat tablet kecil iPad Mini, dengan layar 7.9 inci. Sebagai pesaing terbesarnya serta sebagai salah satu pelopor tablet ukuran 7 inci, tentu Samsung tidak mau kalah. Mereka memperkuat jajaran tablet kecilnya dengan merilis Galaxy Note 8.0. Seperti namanya, tablet ini dibekali layar 8 inci dengan resolusi 1280x800 piksel (kerapatan 189 ppi) dengan OS Android 4.1 Jelly Bean, processor Exynos 4 Quad ARM Cortex-A9 berkecepatan 1.6 GHz dengan GPU Mali400, dukungan RAM sebesar 2GB dan memori internal 16/32GB dengan slot kartu microSD. Serta tidak ketinggalan sebuah ciri khas dari seri Note, yakni stylus S-Pen dan kemampuan untuk menggambar atau menulis seperti layaknya di kertas. Perkiraannya, tablet ini akan diluncurkan pertengahan April mendatang dengan harga sekitar Rp. 5,5 juta untuk versi 3G. Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.com.
.
Desain dan Bodi

Untuk desain, Note 8 inci ini mengambil pakem yang berbeda dari kakaknya, Note 10.1. Jika Note 10.1 cenderung lebih serius dengan bodi kotak, maka Note 8.0 mengambil desain melengkung-lengkung ala Samsung Galaxy SIII. Malahan, pada dasarnya tablet 8 inci ini merupakan sebuah Samsung Galaxy SIII raksasa. Tapi bedanya, frame samping ketika tablet dalam posisi portrait tetap tebal. Bezel yang mengelilingi tablet ini cukup membuat kesan premium dan ekslusif muncul, namun ketika menyentuhnya, terasa bahwa secara keseluruhan tablet ini terbuat dari plastik.






.
Bagian belakang tablet ini cukup menarik, ada pola-pola yang muncul secara halus, pola-pola holografik seperti pada LG Nexus 4, namun tidak terlalu mencolok seperti ponsel besutan Google itu. Secara keseluruhan tablet ini ergonominya cukup bagus, genggaman tangan benar-benar pas, dengan bodi melengkung tablet. Digenggam satu tangan bukan masalah besar untuk tablet ini, dengan portabilitas yang jelas lebih tinggi daripada kakak 10 incinya. Mengenai berat dengan berat 338 gram tablet ini terasa sangat ringan, apalagi Note 8.0 terasa sangat tipis dengan ketebalan hanya 8mm. Oh ya, tablet ini bagian cover belakangnya tidak bisa dibuka, jadi penggantian batere harus membongkar tablet.




.
Bagian depan tablet ini ada layar, diatasnya ada kamera depan serta sensor cahaya dan proksimitas. Terdapat juga earpiece, menandakan tablet ini bisa digunakan untuk teleponan. Di bawah layar persis SGS III, ada tombol fisik Home yang diapit tombol sentuh Menu dan Back. Port micro SD dan karti SIM ada di sebelah kiri, sementara di sebelah kanan ada tombol lock/power dan tombol pengaturan volume. Jack audio 3.5 mm ada di bagian atas tablet, sementara port micro USB dan dua loudspeaker ada di bagian bawah. Memang memungkinkan efek stereo, namun posisinya kurang pas, seharusnya posisinya di atas dan di bawah tablet, agar ada sensasi stereo saat menonton video dalam posisi landscape. Charger sudah menggunakan micro USB, tidak lagi port konektor pin seperti Galaxy Tab atau Note 10.1.

Samsung Galaxy Note 8.0 GT-N5100 Review Gallery
 



.
Layar

Untuk masalah layar, terus terang meskipun resolusi Note 8.0 lebih unggul dibanding iPad Mini (1280x800 vs 1024x768), kualitas layar Note 8.0 masih di bawah pesaingnya itu. Bukan berarti layar Note 8.0 jelek, hanya saja terlihat standar dan tidak punchy seperti tablet Apple, dalam hal tingkat kontras, kecerahan dan viewing angle. Warna putihnya terasa agak kurang cemerlang, sementara untuk warna hitam bagus. Pastinya, kualitas layar PLS-nya setingkat lebih tinggi dari Galaxy Tab 2 (baik versi 7 maupun 10.1 inci) dan setara dengan Galaxy Note 10.1. Ada beberapa mode layar seperti Dynamic, Standard dan Movie.



.

.
.
Antar Muka
Note 8.0 menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean, sehingga performa terbantu dengan adanya Project Butter. Secara keseluruhan memang performa tablet ini bagus, meski tentunya tergantung penggunaan Anda, namun prosesor quadcore dan RAM 2GB yang diusungnya sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan harian Anda. Selain itu, tentunya tablet ini menggunakan antarmuka TouchWiz, yang memiliki efek-efek Nature seperti pada SGS III dan ponsel-ponsel Android dari Samsung akhir-akhir ini. Misalkan pada lockscreen, yang ada efek sapuan air. Jika Anda menggunakan stylus S Pen untuk meng-unlock layar, ada efek sapuan tinta yang menarik, warnanya bisa diubah di menu Settings-Personal-Lock Screen. Ada mode lain seperti Face Unlock, Face and Voice unlock, Pattern, PIN, Password. Di Lock Screen Anda bisa mengkustomisasi dengan menambahkan akses pintas, ticker, jam , cuaca dan sebagainya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Iklan Google

Metroterkini.com

Iklan Google


 
Support : Kabar Riau | Metro Terkini | Twitter
Copyright © 2013. Kabar Bisnis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CV. Sartika Annisa Pratama
Proudly powered by Blogger