Iklan Google
Home » » Potassium Dibutuhkan Jantung Anda

Potassium Dibutuhkan Jantung Anda

Written By Kabar Riau on Sunday, April 7, 2013 | 2:04 AM


 
Salah satu mineral penting yang sering disepelekan dan bahkan tidak diperhitungkan keberadaanya dalam menu makan sehari-hari adalah potassium. Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil namun potassium dapat memberikan peran yang cukup besar bagi kesehatan.

Peran Potassium

Potassium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk membantu otot jantung lebih rileks dan bersama fosfor menyalurkan oksigen menuju otak dan jantung.
Potassium juga penting untuk menekan tekanan darah tinggi dan menjaga sistem cairan tubuh dengan menarik air yang berlebihan di bawah kulit untuk dialirkan menuju otot dan organ-organ tubuh lainnya.

Selain itu, potassium diperlukan untuk membantu pergerakan syaraf dalam mengendalikan cairan dari otot dan sel-sel tubuh, sekaligus mengurangi resiko pembentukan batu ginjal serta keropos tulang.
Orang yang diet kaya potassium dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan memiliki risiko lebih kecil menderita stroke dibanding mereka yang kurang mengasup mineral penting ini.
Tim peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, yang dipimpin oleh Susanna C. Larsson mengatakan bahwa, untuk setiap kenaikan 1.000 mg potassium dalam diet sehari-hari, dapat menurunkan risiko stroke hingga 11 persen untuk 5-14 tahun mendatang.

Makanan kaya Potassium

Mendapatkan asupan potassium sangatlah mudah. Potassium bisa didapat dari sumber makanan alami di sekitar kita seperti, labu, umbi-umbian, pisang, pepaya, alpukat, dan masih banyak lagi. Sedangkan dari golongan sayuran dan sumber makanan hewani, potassium bisa didapat dari, wortel, bayam, yogurt tanpa lemak, kacang polong, salmon, tuna dan masih banyak lagi. Berikut beberapa makanan kaya potassium beserta kandungan potassium dalam tiap sajian.
  • Kentang, 1 buah mengandung sekitar 900mg potassium. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak dengan kulitnya
  • Kismis, ½ cup mengandung sekitar 600 mg potassium
  • Jus jeruk, 1 gelas sedang , 450 mg potassium
  • Bayam, ½ cup matang, 420 mg potassium
  • Tomat, 1 buah, 290 mg potassium
  • Pisang, 1 buah, 420 mg potassium
  • Biji bunga matahari, 1 ons, 241 mg potassium
  • Almond, 1 ons, 200 mg potassium

Dampak Kekurangan Potassium

Kurangnya asupan makanan yang kaya potassium dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti cepat lelah, kram otot, dan beberapa masalah kecil pada jantung. Gangguan yang terjadi apabila kekurangan potassium dikenal sebagai hipokalemia yaitu, sebuah kondisi di mana kadar potassium dalam darah kurang dari 3.8 mEq/L darah. Hal ini bisa menjadi masalah karena membawa banyak gangguan kesehatan bagi tubuh.
Dan jika kadar Potassium Anda drop maka stroke dan penyakit jantung juga akan mengintai. Jadi berhati-hatilah. Perhatikan kebiasaan makan harian Anda dan lihat apakah Anda mendapatkan cukup potassium dalam diet Anda.

Kebutuhan Potassium Harian

Menurut Center for Diseases Control & Prevention kebutuhan harian seseorang akan potasium sekitar 4.700 mg. Biasanya jumlah tersebut sudah bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen potasium mengingat kelebihan potasium dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan mengganggu fungsi jantung dan ginjal. (df/yel)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Iklan Google

Metroterkini.com

Iklan Google


 
Support : Kabar Riau | Metro Terkini | Twitter
Copyright © 2013. Kabar Bisnis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CV. Sartika Annisa Pratama
Proudly powered by Blogger