Iklan Google
Home » , » 12 Tips Agar Awet Muda

12 Tips Agar Awet Muda

Written By Kabar Riau on Sunday, April 7, 2013 | 7:05 AM

image



Pada prinsipnya, supaya awet muda kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sarat nutrisi dn rendah kalori, mengkonsumsi lemak yang tepat pada waktu yang tepat, memastikan bahwa waktu makan tersebut adalah acara yang menyenangkan. Jadi, dari pada memfokuskan perhatian pada kandungan kalori setiap makan, lebih baik fokuskan dulu pada nutrisinya. Karena makanan tinggi nutrisi, umumnya rendah kalori.Sesudah itu, coba kurangi konsumsi kalori yang berlebihan. Terakhir, seimbangkan asupan nutrisi, kalori dan lemak dalam makanan sehari-hari.


Untuk memudahkan praktiknya, ikuti strategi Paling Ampuh dari Dr. Roizen berikut ini:

1. Makan Hanya di Tempat Tertentu

Atur semenarik mungkin ruang makan di rumah anda dan biasakan hanya makan di situ. Gunakan perlengkapan makan dengan bentuk dan warna yang indah. Lengkapi dengan aneka Aksesoris menarik. Sehingga dengan melihatnya saja, anda sudah tersenyum bahagia.

2. Cara Ngemil yang Cerdas

Dari pada ngemil makanan tak sehat diantara waktu makan, cobalah lebih sering makan dalam porsi yang lebih kecil. Jika biasanya penelitian yang dilakukan di University of Toronto, Kanada, orang yang akan dengan cara ini lebih rendah kadar kolestrolnya, menurun resikonya terkena serangan jantung, dan tidak mengalami penuaan arteri lebih dini dibanding orang yang makan tiga kali dalam jumlah yang sama.

Siapkan cemilan yang terbuat dari potongan buah dan sayuran seperti ( mentimun, paprika, seledri, atau wortel, brokoli dan buncis yang direbus sebentar.

3. Biasakan Membaca Label

Sebelum meletakkan belanjaan berupa makanan olahan didalam troli, perhatikan dulu labelnya, lihat tabel kandungan nutrisi yang membuat jumlah nutrisi yang memuat jumlah kalori, kolestrol, natrium(sodium), lemak jenuh dan lemak total per ukuran saji. Ukuran penyajian akan membantu memutuskan berapa banyak sebaiknya anda makan produk tersebut supaya kalori yang masuk tak berlebihan. Perhatikan juga kandungan lemak jenuh dan lemak transnya .

4. Lakukan Substitusi

Mengkonsumsi makanan sehat tidak berarti berpisah selamanya dengan masakan favorit anda. Anda masih bisa tetap menggunakan buku-buku resep masakan yang lama sebagai panduan. Agar menjadi resep masakan yang sehat, Anda tinggal mengganti bahan-bahan tertentu yang seharusnya dihindari. Misalnya, ganti mentega (sumber lemak jenuh) atau margarin (sumber lemak trans) dengan minyak zaitun atau minyak kanola, susu Fullcream bisa dianti dengan susu skim, sedangkan light cream bisa diganti susu kedelai, dan sour cream bisa diganti dengan yogurt rendah lemak.

5. Jadilah Konsumen Yang baik

Biasakan tidak mengunjungi toko swalayan ketika sedang lapar. Karena kondisi lapar bisa mendorong anda menghabiskan lebih banyak uang dan membuat keputusan belanja yang tidak bijaksana, misalnya tergoda membeli makanan yang tidak sehat. Tapi jika jadwal anda ketat dan ingin berbelanja sepulang kerja, siapkan kira-kira 30 gram almound/ kacang tanah panggang atau sepotong buah dan sebotol air putih. Minumlah secukupnya sebelum memasuki toko. Cara ini bisa membantu mengusir rasalapar yang bisa membuat anda berbelanja berlebihan.

6. Rencanakan Menu dan Belajarlah Memasak

Rencanakan menĂº makanan setiap hari, agar anda tidak memilih makanan secara impulsif, yang akhirnya merusak pola makan sehat anda. Ajaklah anak-anak dan anggota keluarga anda yang lain untuk turut memilih beberapa macam makanan sehat yang paling mereka sukai, baik warnnya, rasanya , atau baunya, sehingga acara makan atau masak bersama menjadi lebih menyenangkan.

7. Buat Variasi Menu

Variasi dalam makanan sehari-hari sangat penting karena membantu menyediakan makanan yang kandungan nutrisinya seimbang, sesuai kebutuhan tubuh. Jadi jangan hanya memilih satu tau dua jenis saja dalam satu kelompokbahan pangan. Misalnya mengkonsumsi buah, meskipun jeruk dan pisang adalah makanan favorit anda , usahan juga untuk mengkonsumsi apel, pepaya, nanas, semangka, mangga, stroberi dan buah lainnya secara bergantian.

8. Makan Dulu, Sedikit Lemak Sehat

Jika anda gemuk dan ingin langsing, kurangi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Hindari daging ternak, terutama yang berlemak. Pilihlah lemak sehat yang banyak terdapat pada minyak zaitun, bua alpukat, Almond, kenari, mucadamia, brazil nut, Walnut atau ikan.
Sekali makan, minyak zaitun cukup setengah sendok makan, sedangkan kacang-kacangan anda boleh mengkonsumsi kira-kira 6 biji kacang mede utuh, atau 12 biji almond, atau 4 biji brazil nut, atau 6 biji macadania atau 8 biji belah walnut.

9. Cukup Minum Air Putih

Karena tubuh kita 60 persen terdiri dari air, maka kita butuh setidaknya 8 gelas (2 liter) air sehari agar semua sistem tubuh berfungsi optimal. Air diperlukan oleh tubuh untuk melakukan beberapa fungsi mulai dari mengeluarkan racun, dan aneka sampah dari dalam tubuh, untuk setiap reaksi kimia dalam tubuh, juga membantu menjaga keseimbangan asam basa tubuh kita.

10. Jaga Porsi Makan Anda

Memperhatikan porsi makanan adalah cara yang baik untuk mengontrol berat badan dan mengatur jumlah kalori yang masuk. Gunakan kepalan tangan sebagai ukuran, karena lambung kita besarnya sekepalan tangan. Mengkonsumsi makanan melebihi kepalan tangan akan membuat lambung mengembang melebihi btas kenyamanan dan kesehatan.

11.Jangan Makan Sambil Melamun

Ketika panik atau sibuk, seringkali kita makan sambil melamun sehingga tanpa kita sadar kita makan terlalu banyak. Seringkali juga kita makan bukan karena lapar. Karena itu perhatikan kapan munculnya keinginan makan itu, apakah saat marah, panik, frustasi atau ingin merayakan sesuatu. Namun begitu, kita juga tak boleh dengan sengaja menunda-nunda waktu makan, sebab begitu tidak mendapat makanan dalam waktu lama, maka metabolisme tubuh langsung melambat, sehingga semua kalori yang masuk baik berupa protein, lemak atau karbohidrat langsung disimpan sebagai lemak

12. Jangan Berhutang

Jangan banyak berhutang artinya kita mempunyai tanggungan hutang otomatis konsentrasi pikiran akan tertuju pada hutang tersebut, dengan tambahan beban pikiran akan membuat seseorang kelihatan tua, lebih baik nrimo ing pandum artinya kita nikmati dan selalu syukuri apa yang ada pada kita termasuk rezeki pemberian dari Tuhan jahui sifat kufur nikmat.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Iklan Google

Metroterkini.com

Iklan Google


 
Support : Kabar Riau | Metro Terkini | Twitter
Copyright © 2013. Kabar Bisnis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CV. Sartika Annisa Pratama
Proudly powered by Blogger